BEVGEAPPARATETS ANATOMI PDF

dec Hvad er immobilitet? Anatomi – Muskler, knogler & led. Forsvarslinjer. Aaron Antonovsky. Observationer. Sygeplejehandlinger på film. Mahasiswa mengetahui dan mampu menjjelaskan anatomi dan fisiologi dari patella BAB 2PEMBAHASAN Anatomi dan Fisiologi Patella Anatomi .. BRN OG BEVGEAPPARATET – dsmm. skade: fraktur, avulsion. Post Hvis du str over for en eksamen i bevgeapparatets anatomi, er muskeloversigten en glimrende hjlp. Her listes alle muskler p en nem og overskuelig mde.

Author: Samugami Kegal
Country: Mexico
Language: English (Spanish)
Genre: Personal Growth
Published (Last): 8 June 2006
Pages: 218
PDF File Size: 14.44 Mb
ePub File Size: 6.2 Mb
ISBN: 366-5-34838-373-4
Downloads: 98586
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Voodoozil

Home Documents Fraktur Patella 1. Fraktur Patella 1 Download Report. Published on Sep View 42 Download 0. Back dan Marassarin berpendapat bahwa fraktur adalah terpisahnya kontinuitas tulang normal yang terjadi karena tekanan pada tulang yang berlebihan.

Sedangkan menurut anatominya, patella adalah tempurung lutut. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa fraktur patella pextra merupakan suatu gangguan integritas tulang yang ditandai dengan rusaknya atau terputusnya kontinuitas jaringan tulang dikarenakan tekanan yang berlebihan yang terjadi pada tempurung lutut pada kaki kanan.

Fraktur dapat diakibatkan oleh beberapa hal yaitu: Fraktur akibat peristiwa traumaSebagisan fraktur disebabkan oleh kekuatan yang tiba-tiba berlebihan yang dapat berupa pemukulan, penghancuran, perubahan pemuntiran atau penarikan. Bila tekanan kekuatan langsung tulang dapat patah pada tempat yang terkena dan jaringan lunak juga pasti akan ikut rusak.

Pemukulan biasanya menyebabkan fraktur lunak juga pasti akan ikut rusak. Pemukulan biasanya menyebabkan fraktur melintang dan kerusakan pada kulit diatasnya. Penghancuran kemungkinan akan menyebabkan fraktur komunitif disertai kerusakan jaringan lunak yang luas.

Fraktur akibat peristiwa kelelahan bevgeqpparatets tekananRetak dapat terjadi pada tulang seperti halnya pada logam dan benda lain akibat tekanan bevgwapparatets. Keadaan ini paling sering dikemukakan pada tibia, fibula atau matatarsal terutama pada atlet, penari atau calon tentara yang berjalan baris-berbaris dalam jarak jauh. Fraktur petologik karena kelemahan pada tulangFraktur dapat terjadi oleh tekanan yang normal kalau tulang tersebut lunak misalnya oleh tumor atau tulang-tulang tersebut sangat rapuh.

Ketika patah tulang, akan terjadi kerusakan di korteks, pembuluh darah, sumsum tulang dan jaringan lunak. Akibat dari hal tersebut befgeapparatets terjadi perdarahan, kerusakan tulang dan jaringan sekitarnya.

Keadaan ini menimbulkan hematom pada kanal medulla antara tepi tulang dibawah periostium dengan jaringan tulang yang mengatasi fraktur. Terjadinya respon inflamsi akibat sirkulasi jaringan nekrotik adalah ditandai dengan vasodilatasi dari plasma dan leukoit. Ketika terjadi kerusakan tulang, tubuh mulai melakukan proses penyembuhan untuk memperbaiki cidera, tahap ini menunjukkan tahap awal penyembuhan tulang.

Hematon yang terbentuk bisa menyebabkan peningkatan tekanan dalam sumsum tulang yang kemudian merangsang pembebasan lemak dan gumpalan lemak tersebut masuk kedalam pembuluh annatomi yang mensuplai organ-organ yang lain.

Hematon menyebabkn dilatasi kapiler di otot, sehingga meningkatkan tekanan kapiler, kemudian menstimulasi histamin pada otot yang iskhemik dan menyebabkan protein plasma hilang dan masuk ke interstitial.

Hal ini menyebabkan bevgeapparatsts edema. Edema yang terbentuk akan menekan ujung syaraf, yang bila berlangsung lama bisa menyebabkan syndroma comportement.

Menurut Depkes RIberdasarkan luas dan garis traktur meliputi: Menurut Black dan Matassarin yaitu fraktur berdasarkan bebgeapparatets dengan dunia luar, meliputi: Fraktur terbuka dibagi menjadi 3 grade yaitu: Robekan kulit dengan kerusakan kulit ototb Grade II: Luka sebesar cm dengan kerusakan pembuluh darah, syaraf otot dan kulit. Long membagi fraktur berdasarkan garis patah tulang, yaitu: Black dan Matassarin mengklasifikasi lagi fraktur berdasarkan kedudukan fragmen yaitu: NyeriNyeri dirasakan langsung setelah terjadi trauma.

  DIVIETO SOMMINISTRAZIONE ALCOLICI PDF

Hal ini dikarenakan adanya spasme otot, tekanan dari patahan tulang bevgeaapparatets kerusakan jaringan sekitarnya. Spame ototMerupakan kontraksi otot bevteapparatets yang terjadu disekitar fraktur. Penurunan sensasiTerjadi karena kerusakan syaraf, terkenanya syaraf karena bevgeeapparatets. Gangguan fungsiTerjadi karena ketidakstabilan tulang yang frkatur, nyeri atau spasme otot. Mobilitas abnormalAdalah pergerakan yang terjadi pada bagian-bagian yang pada kondisi normalnya tidak terjadi pergerakan.

Ini terjadi pada fraktur tulang panjang. KrepitasiMerupakan rasa gemeretak yang terjadi jika bagian-bagaian tulang digerakkan. DefirmitasAbnormalnya posisi dari anagomi sebagai hasil dari kecelakaan atau trauma dan pergerakan otot yang mendorong fragmen tulang ke posisi abnormal, akan menyebabkan tulang kehilangan bentuk normalnya.

Shock begveapparatets terjadi sebagai kompensasi jika terjadi perdarahan hebat. Gambaran X-ray menentukan frakturGambara ini akan menentukan lokasi dan tipe fraktur6. Cidera vaskuler dan sarafe. Jenis-jenis fraktur reduction yaitu: Manipulasi atau close redAdalah tindakan non bedah untuk mengembalikan posisi, panjang dan bentuk. Close reduksi dilakukan dengan local anesthesia ataupun umum. Open reduksiAdalah perbaikan bentuk tulang dengan tindakan pembedahan sering dilakukan dengan internal fixasi menggunakan kawat, screlus, pins, plate, intermedullary rods atau nail.

Kelemahan tindakan ini adalah kemungkinan infeksi dan komplikasi berhubungan dengan anesthesia. Jika dilakukan open reduksi internal fixasi pada tulang termasuk sendi maka akan ada indikasi untuk melakukan ROM.

TraksiAlat traksi diberikan bevgeappxratets kekuatan tarikan pada anggota yang fraktur untuk meluruskan bentuk tulang. Ada 3 macam yaitu: Kekerasan langsung ; akibat kecelakaan lalu lintas dengan dashboard injury, bevgeappadatets pada permukaan yang keras, serta jatuhnya benda yang berat diatas lutut.

AP dan lateral view lutut Terapi: Selain itu ketiadaan atau penurunan refleks patela dikenal juga sebagai tanda westphal. Tanda westphal menunjukkan bahwa ada masalah di saraf tulang belakang pasien atau saraf perifer. Sehingga seorang bidan mengetahui asuhan kebidanan yang tepat pada ibu hamil tersebut. Jika refleks negatif, ada kemungkinan ibu bvgeapparatets keracunan MgS Mahasiswa abatomi dan mampu menjjelaskan anatomi dan fisiologi dari patella. Mahasiswa mengetahui dan mampu mnejelaskan hubungan patella dengan kebidanan.

Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan refleks dari patella. Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan gangguan yang terdapat pada patella. Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan fraktur yang terjadi pada patella. Dapat menambah pengetahuan dan mengaplikasikan teori yang didapat pada keadaan yang sebenarnya untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Apex patella meruncing kebawah. Permukaan anterior dari tulang ialah kasar, bevteapparatets posteriornya halus dan bersendi dengan permukaan pateler dari ujung bawah femur.

Letaknya di depan sendi lutut, tetapi tidak ikut serta di dalamnya. Sendi lutut merupakan persendian yang paling besar pada tubuh manusia. Sendi ini terletak pada kaki yaitu antara tungkai atas dan tungkai bawah.

Pada dasarnya sendi lutut ini terdiri dari dua articulatio condylaris diantara condylus femoris medialis dan lateralis dan condylus tibiae yang terkait dan sebuah sendi pelana, diantara patella dan fascies patellaris femoris. Condyloid articulatio bevgeapparatetss dua femoral condylus bevgepparatets meniscus dan berhubungan dengan condylus tibiae 2.

  JD2-1A RELAY PDF

Satu articulatio jenis partial arthrodial diantara permukaan dorsal dari patella dan femur. Pada bagian atas sendi lutut terdapat condylus femoris yang berbentuk bulat, pada bagian bawah terdapat condylus tibiae dan cartilago semilunaris.

Pada bagian bawah terdapat articulatio antara ujung bawah femur dengan patella. Fascies articularis femoris, tibiae, dan patella diliputi oleh cartilago hyaline. Fascies articularis condylus medialis dan lateralis tibiae di klinik sering disebut sebagai plateau tibialis medialis dan lateralis. Ligamentum pada sendi lutut: Ligamentum Qnatomi Melekat diatas pada tepi bawah patella dan pada bagian bawah melekat pada tuberositas tibiae.

Ligamentum patellae ini sebenarnya merupakan lanjutan dari bagian pusat bevgeapparztets bersama m. Dipisahkan dari membran synovial sendi oleh bantalan lemak intra patella dan dipisahkan dari tibia oleh sebuah bursa yang kecil. Bursa infra patellaris superficialis memisahkan ligamentum ini dari kulit. Ligamentum Collaterale Fibulare Ligamentum ini menyerupai tali dan melekat di bagian atas pada condylus lateralis dan dibagian bawah melekat pada capitulum fibulae.

Ligamentum ini dipisahkan dari capsul sendi melalui jaringan lemak dan tendon m.

Bevægeapparatet by Lene Eg Andresen on Prezi Next

Dan juga dipisahkan dari meniscus lateralis melalui bursa m. Ligamentum Collaterale Tibiae Ligamentum ini berbentuk seperti pita pipih yang melebar dan melekat dibagian atas pada condylus medialis femoris dan pada bagian bawah melekat pada margo infraglenoidalis tibiae.

Ligamentum ini menembus dinding capsul sendi dan sebagian melekat pada meniscus medialis. Di bagian bawah pada margo infraglenoidalis, ligamentum ini menutupi tendon m.

Ligamentum Popliteum Obliquum Merupakan ligamentum yang kuat, terletak pada bagian posterior dari sendi lutut, letaknya membentang secara oblique ke medial dan bawah.

Sebagian dari ligamentum anatoomi berjalan menurun pada dinding capsul dan fascia m. Ligamentum Transversum Genu Ligamentum ini terletak membentang paling depan pada dua meniscus, terdiri dari jaringan connective, kadang- kadang ligamentum ini tertinggal dalam perkembangannya, sehingga sering tidak dijumpai pada sebagian orang.

Ligamentum Intra CapsularLigamentum cruciata adalah dua ligamentum intra capsular yang sangat kuat, saling menyilang didalam rongga sendi. Ligamentum ini terdiri dari dua bagian yaitu posterior dan anterior sesuai dengan perlekatannya bevgespparatets tibiae. Ligamentum ini penting karena merupakan pengikat utama antara femur dan tibiae.

Fraktur Patella 1

Ligamentum Cruciata Anterior Ligamentum ini melekat pada area intercondylaris anterior tibiae dan berjalan kearah atas, kebelakang dan lateral untuk melekat pada bagian posterior permukaan medial condylus lateralis femoris. Ligamentum ini akan mengendur bila lutut ditekuk dan akan menegang bila lutut diluruskan sempurna.

Ligamentum cruciatum anterior berfungsi untuk mencegah femur bergeser ke posterior terhadap tibiae. Bila sendi lutut berada dalam keadaan fleksi ligamentum cruciatum anterior akan mencegah tibiae tertarik ke posterior. Ligamentum Cruciatum Posterior Ligamentum cruciatum posterior melekat pada area intercondylaris posterior dan berjalan kearah atasdepan dan medial, untuk dilekatkan pada bagian anterior permukaan lateral condylus medialis femoris. Serat-serat anterior akan mengendur bila lutut sedang ekstensi, namun akan menjadi tegang bila sendi bevgeappparatets dalam keadaan fleksi.

Serat-serat posterior akan menjadi tegang dalam keadaan ekstensi.